Social Icons

Pages

Azzura Dayana

Azzura Dayana

Jumat, 12 Juni 2020

Memanfaatkan Kepala Udang menjadi Pempek nan Lezat


~Azzura Dayana


Kebetulan anak-anak saya suka sekali makan nasi dengan lauk udang. Namun, namanya juga anak-anak, pasti mereka enggan memakan bagian kepala udangnya juga. Saya pun selanjutnya selalu menyiasati untuk memisahkan terlebih dahulu bagian kepala udang dengan badannya. Badan udangnya saja yang dimasak untuk anak-anak.


Kemudian, daripada mubazir, kumpulan kepala udangnya saya olah menjadi bahan untuk membuat pempek. Ya, pempek kepala udang jadinya. Untuk warga Palembang yang menggemari pempek lahir batin, boleh juga nih dicoba.

Berikut ini saya bagikan resep ala saya, ya. 🙂

Bahan-bahan:
- 250 gram kepala udang
- 300 gram tepung tapioka
- 1 sdt garam halus
- 1/2 sdt gula pasir
- 1/2 penyedap rasa (opsional)


Cara membuat:

1. Bersihkan kepala udang terlebih dahulu. Buang kotoran dan kulitnya. Lalu cuci.

2. Haluskan kepala udang hingga sehalus mungkin.

3. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa. Aduk rata. Saya menggunakan penyedap rasa Halawa karena mengandung probiotik dan tidak mengandung MSG. Namun silakan jika tidak ingin menambahkan penyedap.

4. Campur dengan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga adonan bisa diuleni. Sisakan untuk mengalasi telapak tangan supaya tidak lengket ketika membentuk pempek satu per satu. Hindari menekan-nekan ulenan terlalu sering supaya pempek tidak menjadi keras.

5. Rebus pempek dalam air mendidih. Diamkan minimal satu menit setelah pempek mengapung, baru angkat. Tiriskan.

6. Goreng pempek dengan minyak goreng di atas api sedang.


Nah, selamat mencoba variasi pempek yang satu ini ya, Teman.



#resepmasakan
#wagflpsumselmenulis
#lampauibatasmu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar