Social Icons

Pages

Azzura Dayana

Azzura Dayana

Selasa, 25 Maret 2014

[Galeri Foto] Ranu Kumbolo, Gunung Semeru

Ranu Kumbolo, sebuah danau alami nan elok yang luasnya sekira 14 hektare ini merupakan salah satu surganya pegunungan yang menjadi favorit para pendaki Nusantara. Danau berbentuk hati ini dapat ditemui di jalur pendakian Gunung Semeru, pada ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut.

Galeri berikut adalah foto-foto Ranu Kumbolo yang saya ambil dari beberapa sisi menggunakan kamera Nikon kesayangan saya, pada pendakian Semeru bersama sobat-sobat tercinta.














Gunung Semeru sendiri terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Untuk tiba di Ranu Kumbolo, pendaki dapat memulai berjalan kaki selama kurang lebih enam jam dari desa Ranu Pane, desa terakhir yang dapat diakses kendaraan.

Ranu Kumbolo pada malam-malam di musim kemarau dapat mencapai suhu terdinginnya hingga -15 derajat celsius. Ekosistem di sekitar danau masih sangat alami, dilingkupi beberapa perbukitan hijau yang dirimbuni pepohonan dan bebungaan, termasuk di antaranya sedikit vegetasi edelweiss.

Di musim-musim puncak pendakian, pinggiran danau ini selalu dipadati tenda-tenda pendaki. Sebagai pecinta alam, diharapkan mereka senantiasa dapat menjaga lingkungan di lokasi-lokasi mana pun di sekitar gunung ini termasuk Ranu Kumbolo dengan bertanggung jawab terhadap sampah mereka. Jika tidak, bisa dipastikan, keelokan dan kealamian danau ini akan lambat laun sirna, lalu hanya menjadi cerita kenangan untuk anak cucu kita. Hmm, semoga saja tidak demikian.


2 komentar: