Social Icons

Pages

Azzura Dayana

Azzura Dayana

Kamis, 06 Maret 2014

[Galeri Foto] Tegal Alun, Gunung Papandayan

Tegal Alun, surganya Gunung Papandayan, terletak di punggung puncak Papandayan di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Gunung Papandayan sendiri adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia, dengan ketinggiannya mencapai 2.622 meter di atas permukaan laut (telah mengalami penurunan ketinggian semenjak gunung ini terakhir meletus pada tahun 2002 silam).





Gunung ini tak pelak adalah salah satu habitat terluas bunga edelweiss di Pulau Jawa. Habitat terbanyak edelweiss lainnya seperti kita ketahui adalah juga di Padang Suryakencana Gunung Gede, Lembah Mandalawangi Gunung Pangrango, Gunung Sindoro, dan lain-lain. Namun, sejak erupsi 2002, vegetasi ini berkurang cukup drastis dari semula.





Edelweiss Papandayan biasanya mengalami musim mekar sekitar bulan April dan Mei. Ketika kami datang pada awal Maret ini, edelweiss yang kami temui baru sebagian kecil yang mekar. Lainnya belum mekar sama sekali, sementara yang lainnya lagi mekar dalam kondisi dan warna yang kering.

Rasa lelah melintasi jalur pendakian Papandayan yang berbatu-batu seperti terbayar begitu saja ketika kaki telah mencapai alun-alun bunga abadi nan memesona ini. Saya pun segera beraksi dengan Nikon saya, dan menciptakan beberapa foto mikro.




Subhanallah... Bersyukur sekali telah berkesempatan menikmati salah satu 'surga dunia' ini. Semoga edelweiss di sini tetap lestari, dijaga oleh alam dan para pendaki-pendaki sejati. :-) 





*Siap-siap menulis catatan pendakian Papandayan setelah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar